Tuesday, August 7, 2012

Catatan Harian STNatanegara Bagian V


Catatan ini diambil dari Catatan Harian Whistle Blower by @STNatanegara pada link http://chirpstory.com/li/15711

CATATAN TENTANG KEPOLISIAN
Sadis sekali cara interogasi polisi thdp terduga pencuri motor di jkt... Setrum, digencet kursi, pukul tendang smp patah tulang.. Dmn HAM? Padahal cukup vonisnya saja diperberat spy tdk hanya divonis 8 atau 10 bulan....
Penyiksaan tidak membuat lelaki jera, tapi membuat lelaki makin tertantang...
Jika bisa P21 dlm 10 hari kenapa harus 2 bulan lebih? Proses hukum berbelit adalah pemborosan uang negara... Hukum bukan berarti balas dendam. puaskah dengan membuat pelanggar hukum cacat jiwa raga? Tp tdk bisa membuat jera? Polisi asal main tangkap orang karena malas membuktikan seseorang benar2 bersalah atau tdk. Sidang selama beberapa menit jawabannya... Tahanan baru di polsek/polres dua kali diperas.. Oleh penyidik dan sesama tahanan... Jk tdk membayar uang gaul akan digulung.... Tdk heran jk banyak preman makin eksis di tahanan krn mendapat "job" baru yg menjanjikan...
Intel polri di polsek dan polres "buta mata telinga". Khas intel melayu. Mengandalkan informan utk memasang jebakan. Tukar kepala jd andalan. Badan gemuk berlemak, rambut gondrong, cln jeans dan sepatu kets.. Dipinggang "beceng" terlihat menonjol... Amboyyy mirip cowboyy. Satu lagi.. Tas kecil dari kulit tak lupa dibawa. Isinya handphone dan rokok... Juga sedikit amplop isi setoran preman binaan...
Saatnya cuci gudang menjelang lebaran di tahanan polsek/polres.... BAP tengah malam? Ah itu sudah biasa... BAP siluman itu baru luar biasa.. Gak tau kpn di BAP tau2 masuk kandang dan dikirim ke rutan..

CURCOL STNATANEGARA

Budaya “mi instan” sudah menjadi “way of life” kita semua. Pierre Corneille, pada 1600- an,“each instant of life is a step toward death". Sungguh dimanapun kita bekerja akn ada orang yg tulus bekerja mencari nafkah yg halal dan ada orang brengsek yg mencari keuntungan pribadi.
Mengapa saat ini kita msh takut melangkah dlm kegelapan. Bukankah smua hrs melangkah entah menuju kehancuran atau menyongsong masa gemilang. Bukan soal ingin mempertahankan idealisme, tetapi masalahnya adalah memberanikan diri melakukan yang seharusnya dilakukan.
Intelijen bukanlah konspirator, tetapi tidak sulit bagi intelijen untuk melakukan konspirasi.
Korlantas digeledah, NTMC juga digeledah, apakah KPK memutuskan menjadikan Polwan Cantik sebagai alat bukti?.
Siapa yang tak ingat Peritiwa 12 Oktober 1952 saat moncong meriam diarahkan ke Istana Merdeka, tempat Presiden Soekarno berkantor?. Tapi, tidak banyak yang tahu, dan malah sering dilupakan orang, adalah pemimpin resimen itu, Kemal Idries.

Menkeu seperti menjilat ludah sendiri, berjanji mundur jika kalah di MK perihal divestasi newmont, tapi sepertinya itu hanya angin surga..
Ada isu Irjen Djoko Susilo dijegal oleh angkatan polri 83/84 karena DS merupakan kandidat kuat utk dipromosikan sbg pengganti Timur...
SPBUN RS Tembakau Deli PTP Nusantara - II (PERSERO) jl Putri Hijau no 15 Medan, pengelapan iuran pensiun karyawan yang dipotong langsung dr gaji setiap bulannya tp tdk disetorkan oleh Direksi PTP Nusantara - II dari tahun 2003 s/d 2011 ini mencapai -/+ Rp.800M.

PESAN STNATANEGARA
Bertahanlah dari godaan untuk jatuh cinta di tengah-tengah tugas. terlepas apakah anda masih bujangan ataukah sudah berkeluarga. Dalam kisah-kisah klasik intelijen seringkali digambarkan seorang Case Officer (CO) jatuh cinta dengan agen (informan) yang dilatihnya... Hal itu juga menjadi sarana atau alat jebak yang sangat efektif oleh pihak musuh. dengan segera mengakhiri karir dan masa depan seorang agen.
Cinta adalah hal yang manusiawi dan wajar sepanjang sungguh-sungguh disalurkan untuk niat dan cita-cita yang luhur berupa tali pernikahan. Ketika cinta diobral maka tdk akan lebih dari lahirnya persoalan demi persoalan, seperti lagu too much love will kill you dari Queen.
Jadi teringat akan beberapa rekan dari sandha yang sampai saat ini entah dimana... Kiriman gethuk pisangnya entah mau dikirim kemana... Tugas apapun yang diamanatkan dari pusat adalah menjadi prioritas pertama. Godaan harta dan cinta diyakini mayoritas profiler lembaga intel di seluruh dunia sbg faktor yang bisa menggeser keutamaan tugas dari pusat.
Seorang pengamat, melihat tanpa merasakan, berbicara tanpa memperdulikan, dan mendengar tanpa menyaring..

KEMBALI CURCOL STNATANEGARA
Yogya secara history punya andil besar dalam berdirinya negara ini. data sejarah masih tersimpan di BI. Tentang bukti transfer uang pribadi raja Yogya utk menyokong roda pemerintahan Indonesia kala itu... Untungnya "Utang" itu ngga ditagih oleh raja penerusnya...
Dhana sudah disidang.. Yang lain kapan? Firman, Salman juga hari ini diperiksa lg... Lambat sekali kejagung..

SRI MULYANI
KPK hrs menindaklanjuti temuan BPK soal pelanggaran prosedur anggaran renovasi rumah dinas mantan Menkeu Sri Mulyani. Anggaran renovasi rumah itu menelan biaya Rp1,32 milyar, namun tidak mengikuti persyaratan tender yang semestinya diambil dari pos Dana Taktis Operasional Kementerian Keuangan. Padahal, penggunaan dana dari pos itu tidak dapat dibenarkan karena melanggar Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 31/PMK.06/2006. sehingga terindikasi terdapat penyalahgunaan wewenang.

DITJEN PAJAK
Selain itu Mafia pajak di Kementerian Keuangan diduga telah menghilangkan identitas Freeport Indonesia dari daftar perusahaan pelaku penggelapan pajak yang dituturkan Gayus Tambunan. Freeport semula masuk dalam daftar pelaku penggelapan pajak. Ketika Polri mengonfirmasi ke kemenkeu, Ditjen Pajak menyerahkan daftar baru yang tidak mencantumkan identitas Freeport.

KEMBALI CURCOL STNATANEGARA
Intrepid Mines Limited mengumumkan telah menjual 5 persen sahamnya kepada Surya Paloh. sebesar 27.68 juta lembar saham biasa.
Korupsi tidak berdiri sendiri ada organisasinya dan dilakukan oleh orang-orang yang punya jabatan di mana saja; di lembaga pemerintahan atau swasta juga sepanjang mereka punya kuasa untuk menentukan bagaimana bisa dapat uang sebesar-besarnya lewat kekuasaanya.
Kita bagai mengendarai bis yg dicegat polisi, polisi gak bakal tahu kalau sopirnya gak punya SIM kecuali kalau ada penumpang yg kasih tahu..
Dalam kehidupan sehari-hari, praktik tindak pidana korupsi sendiri sebenarnya juga seringkali tidak disadari oleh pelaku.
Jika mendapatkan masalah besar yg sulit diselesaikan, maka pecah dan bagilah menjadi beberapa bagian masalah kecil yg mdah utk diselesaikan.
Banyak orang yang gagal dalam meraih mimpinya karena ia selalu terombang-ambing oleh banyaknya pilihan dan banyaknya keinginan. Kalaupun ia sudah menetapkan pilihannya ia tak tahu dan tak mampu merumuskan cara terbaik untuk mendapatkannya. Kalaupun ia sudah punya road-map untuk mewujudkan mimpinya ia tak tahu dan tak mampu. bagaimana menaklukkan semua tantangan dan rintangan agar mimpi tersebut tetap ada dalam genggaman. Ia lebih suka memilih peran sebagai obyek yang menikmati produk-produk yang dihasilkan oleh orang lain daripada peran sebagai subyek yang menghasilkan produk-produk yang dinikmati oleh orang lain.

Kita semua ingin bicara jujur jika jujur itu tidak membuat harga diri kita luka atau bahkan hancur dihajar massa. Jika jujur itu tdk membuat diri kt jd bahan tawaan dan cibiran bg org lain jk jujur itu akn membawa kebaikan bg diri kt dan jg bg orang lain. Kita akan tetap menjaga aib supaya tidak terbuka. Jika keterbukaan itu akan menghancurkan dan menyengsarakan hidupnya. Kita akn tetap mempertahankan kejujuran dan menjaga rahasia supaya tdk dikonsumsi massa jk semua itu akn membuahkan kebaikan bagi kita semua.
Setiap keputusan pasti memiliki risiko, Tapi jangan pernah takut mengambil risiko karena risiko itu untuk digeluti, bukan untuk ditakuti.
Untuk capaian tertentu kita hrs melakukan lompatan2 besar, Karena tdk mungkin mendaki gunung tinggi hanya dengan dua atau tiga langkah kaki.
Jangan cuma duduk dan berdiam diri ketika peluang datang dan mengetuk pintu rumahmu. bangkit dan bukalah selebar-lebarnya pintu rumahmu. Sambut dan terimalah ia bak teman lama yang sedang datang bertamu. jangan biarkan berkali-kali ia datang dan berkali-kali pula ia menghilang.

KEMBALI CATATAN TENTANG KEPOLISIAN
Polri memang ladang korupsi kok, sudah sejak dahulu kala.. Hasil Opstib dari juli 1977 hingga Maret 1981 Kasus Korupsi di Markas Besar Polri dengan uang yang diselewengkan sebesar Rp 4,8 milyar.
Aset irjen DS mulai ditelusuri... Pakai pasal pembuktian terbalik dan pencucian uang agar dapat dipidana!

PENGGELAPAN PAJAK
Sudah waktunya penggelapan pajak diklasifikasi sebagai kejahatan luar biasa (extra ordinary crime). Sebab negara dan rakyatlah yg dirugikan. Dengan klasifikasi kejahatan luar biasa, hukuman terhadap pelaku penggelapan pajak pun harus luar biasa alias maksimal. Hukuman ringan tdk menimbulkan efek jera shgg pegawai Ditjen Pajak dan pebisnis nakal terus mencari celah utk melakukan penggelapan pajak. Selama sanksi hukum terhdp pelaku penggelapan pajak demikian minimalis seperti skrg, kejahatan yg satu ini tak akan pernah bisa dihentikan. Oknum Ditjen Pajak yg korup dan pebisnis nakal akn terus mencari modus lain yg lebih aman agr perbuatan mrk lolos dr pantauan penegak hukum.
Oknum pajak nakal banyak yang mencuci uangnya dengan cara menjadi entepreneur. pura2 belajar bisnis dengan membuka usaha misal minimarket. Tapi tetap saja tidak wajar, karena memulai dengan membuka beberapa outlet sekaligus yang cukup besar ukurannya. Orang lain berharap kaya dari membuka minimarket tapi oknum ini sudah kaya sebelum membuka minimarket. jadi bisnisnya hanya kamuflase belaka. Ini contoh minimarket oknum pajak nakal bekas pemeriksa pajak di jakpus dan jaksel.. ini bkn outlet pertama http://t.co/MTYwKr5u

Belum lagi rumah dan properti lainnya. Padahal mungkin oknum ini baru level eselon IV atau sama dengan Tommy yang telah ditangkap KPK. Jika diterapkan profiling terhadap pegawai pajak, maka bisa jadi 2/3 dari 32.000 pegawai pajak layak "dibuang", klaim 2/3 saya mungkin terlalu moderat, kawan saya mengatakan bisa 90% pegawai pajak setidaknya merasakan uang pajak milik rakyat.

KEMBALI CURCOL STNATANEGARA
Apa yg mendasari dahlan iskan hendak mem privatisasi pegadaian? Bukannya pegadaian sangat prospektif utk negara dan rakyat?
Krisis kepemimpinan akan terjadi pada saat masyarakat menikmati kebebasannya secara sempurna. Kepemimpinan akan mencapai puncaknya ketika kebebasan masyarakat dikendalikan secara sempurna oleh pemimpinnya. Anehnya pada saat itu kepemimpinan akan dipuji dan sekaligus juga dimaki oleh masyarakatnya. Tugas pemimpin memberikan motivasi kepada pengikutnya supaya melakukan apa yg tdk ingin mrk lakukan utk mendapatkan apa yg mereka inginkan.
Lebih baik memilih utk kalah sementara yg akhirnya bisa membuat kita menang, daripada menang sementara yg akhirnya membuat kita kalah. Lebih baik partai kita memutuskan untuk mengalah tapi akhirnya bisa membuat negara kita kembali perkasa daripada bersikukuh untuk menjadi pemenang tapi akhirnya bisa membuat negara kita binasa.
Kalah atau Menang adalah pilihan. Ia selalu bertumpu pada waktu (time), ruang (needs, interest), dan nilai-nilai (values, rules). Agama mengajarkan kepada kita untuk berbuat yang terbaik, bukan (sekadar) berharap yang terbaik. Keberanian itu artinya sejauhmana kita melawan dan menguasai rasa takut, bukan berarti tidak memiliki rasa takut. Prestasi tidak mungkin diraih dengan instan. Satu detik penampilan adalah hasil tahun demi tahun pelatihan.

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...